JAMBI, Denyutjambi – Bengkoang merupakan buah yang biasa disajikan dalam varian rujak buah, tapi tidak jarang bengkoang juga dikonsumsi secara langsung karena memiliki rasa yang segar dengan tekstur yang renyah dan bengkoang sendiri umumnya dijadikan bahan alami untuk perawatan kulit dan juga menjadi bahan dasar berbangai produk kosmetik yang beredar di pasaran.
Bengkoang juga sebenarnya juga bukan hanya bermanfaat baik buat kesehatan dan kecantikan kulit saja tetapi mengkonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat bengkoang bisa mendatangkan segudang manfaaat kesehatan buat tubuh dan juga didalam bengkoang terdapat beberapa kandungan gizi penting anatra lain mineral,fitonutrien,dan senyawa organik lainnya, terdapat pula serat makanan, vitamin C, vitamin E, asam folat, vitamin B6,asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan , nabati, berikut ini merupakan manfaat penting pada bengkoang yang berguna baik untuk kkesehatan.
1. Mencerahkan kulit
Bengkoang telah digunakan sejak lama untuk perawatan kulit, bengkoang mengandung vitamin C dalam proporsi tertinggi karena tubuh anda dapat diremajakan.selain memakannya, anda bisa mencampurkannya dengan kunyit untuk membuat solusi yang nantinya bisa anda terapkan pada bekas luka atau tanda lain di tubuh anda.
2. Atasi jerawat
Manfaat lain yang didapat dari buah bengkoang ternayata mampu menyikirkan jerawat, masalah yang utama yang sering dialami banyak wanita, anda bisa mengunakan masker bengkoang untuk mendinginkan kulit wajah.bengkoang mampu mengurangi munculnya jerawat sehingga wajah terlihat tetap segar dan lambab alami tapi dengan mangunakan secara rutin yaa ladies.
3. Melancarkan sistem pencernaan
Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam bengkoang sangat baik dalam melancarkan sistem pencernaan tak hanya menlancarkan, ini juga membuat pencernaan lebih sehat dan jauh dari berbangai masalah seperti diare maupun sakit perut, kandungan serat yang cukup tinggi pada bengkoang baik dalam mengatasi beragam masalah di pencernaan.
4. Kadar gula terkontrol
Bengkoang merupakan salah satu umbi-umbian yang berfungsi sebagai peruluh dan pencahar dengan dua fungsinya ini, memfaat bengkoang mampu meminimalkan penyerapan makanan secara berlebih dalam usus, khususnya gula yang mampu meningkatkan kadar gula darah.
5. Membantu mencegah kanker
Bengkoang mengadung antiosidan yang bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai cara,penelitian tentang bengkoang menemukan bahwa antioksidan dalam bengkoang mungkin menjadi kunci untuk melawan radikal bebas yang akhirnya mengarah pada pembentukan sel kanker. Tidak hanya akan aman dari racun yang menyebabkan masalah yang lebih kecil di dalam dan di luar tubuh anda, tetapi juga masalah yang dallam waktu lama dapat mengganggu keshatan anda.
6. Baik untuk diet diabetes
Selain kandunga seratnya tinggi, bengkoang juga mengndung kadar glukosa rendahyang baik untuk diet penderita diabetes, kadar oligofruktosa inulin dalam bengkoang adalah sejenis karbohidrat yang sulit dicerna tubuh jadi, anda tidak prlu khawatir tentang kadar gula darah dalam tubuh yang naik saat mengonsumsi bengkoang dalam jumlah banyak.(*/Neni guspira )

SHARE

LEAVE A REPLY