Manfaat buah papaya bagi kesehatan

96

JAMBI, Denyutjambi – Pepaya merupakan buah-buahan khas daerah tropis.Asal buah ini berasal dari amerika tengah, kemudian menyebar ke berbagai belahan bumi lainnya. Buah pepaya sangat kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah papaya tidak hanya enak, tetapi pepaya yang dikenal sebagai rendah kalori ternyata juga punya segudang kandungan mineral dan vitamin. Jadi tidak heran lagi ada ada banyak manfaat dari papaya bagi tubuh kita.
Dan papaya juga mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan papaya sangat kaya akan vitamin yaitu vitamin C. Bukan hanya itu saja tetapi papaya juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A,vitamin B1,B3,B5,vitamin E,vitamin K,serat,kalsium,potasium, folat dan magnesium.
Manfaat buah papaya untuk kesehatan
1. Memperkuat system kekebalan tubuh
Dalam papaya terdapat vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu memperkuat system kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi . Mengonsumsi buah papaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang bias menyebabkan flu,batuk dan filek.
2. Mencegah penyakit jantung
Karena adanya kandungan serat,kalsium dan vitamin yang dapat mencegah penyakiit jantung.peningkatan asupan kalsium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung.
3. Mencegah pembekuan darah
Pembekuan darah didalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Ada yang lebih parah, itu dapat menyebabkan serangan jantung atau strok. Hal ini karena mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.
4. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam papaya dipercaya mampu memperlancar system pencernaan.
5. Mengurangi peradangan
Karena papaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi resiko menderita penykit kronis.
6. Menyehatkan tulang
Dengan mengkonsumsi buah pepaya bias mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tu;ang,meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.
7. Sebagai candangan energy
selain yang sudah kita ketahui untuk memperlancar pencernaan , manfaat buah pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energy untuk anda yang memili banyak aktivitas.(*/Anggia)

SHARE

LEAVE A REPLY