Buah Mengkudu,Si Pahit yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

63

JAMBI, Denyutjambi – Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan tanaman yang telah lama diketahui memiliki banyak khasiat tidak hanya untuk pengobatan namun juga untuk pencegahan berbagai penyakit. Tidak hanya di Indonesia saja, masyarakat Asia pun mempercayai bahwa secara tradisional mengkudu dapat mengobati berbagai penyakit. Pengujian secara klinis terhadap tanaman obat telah banyak dilakukan.
Menurut Neil Solomon, MD.PhD, peneliti masalah kesehatan dari Amerika melaporkan bahwa buah Mengkudu mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal ini menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah, sehingga tekanan darah menjadi normal.
Para ahli dari Universitas Stanford, Universitas Hawaii, University of California (UCLA), Union College of London, Universitas of Meets di Perancis yang telah mempelajari Mengkudu setuju bahwa tanaman ini berperan menurunkan tekanan darah dalam banyak kasus.
Meski begitu, buah mengkudu memiliki rasa yang pahit dan aroma yang sangat menyengat namun buah ini terkenal karena kemampuannya menjaga tekanan darah tetap stabil karena buah mengkudu ini mengandung senyawa scopletin. Yang mana senyawa scopletin ini berdasarkan para ahli dapat menurunkan tekanan darah yang menderita darah tinggi dan bisa di jadikan sebagai pembersih alami bagi endapan-endapan yang ada di dalam pembuluh darah yang biasanya akan menyebabkan arterosklerosis.
Buah bengkudu memiliki kandungan xeronin, kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki fungsi tubuh sehingga bisa digunakan untuk terapi penyakit jantung dan stroke.(*/ Indah Efriyani)

SHARE

LEAVE A REPLY