KUALATUNGKAL, denyutjambi.com – Sebanyak 56 desa dari 114 desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, akan menggelar Pemilihan Kepala Desa serentak Oktober mendatang. Sebanyak 56 desa di 12 kecamatan dipastikan menggelar Pilkades. 56 desa tersebut merupakan desa yang habis masa jabatan kepala desanya mulai Februari hingga Mei 2019 ini.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), ada 56 desa di 12 kecamatan yang akan berganti kepala desa dan saat ini sebagian desa-desa tersebut telah dijabat oleh Pjs Kades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanjab Barat H. Mulyadi, M.Kes mengatakan, 56 desa yang akan Pilkades tersebut karena kepala desa (Kades) telah habis masa jabatannya tahun 2019 dan saat ini diisi oleh Pjs Kades.

“Desa-desa yang habis masa jabatannya sebelum Pilkades, maka jabatan Kades akan dipegang seorang Pjs, hingga ada kades terpilih,” katanya belum lama ini.

Dikatakannya, pilkades serentak ini merupakan gelombang tiga dan rencananya digelar Oktober.

“Pilkades serentak gelombang tiga dilaksanakan 17 Oktober 2019. Desa yang melaksanakan ada 56 desa 12 Kecamatan, kecuali Kecamatan Tungkal Ilir,” katanya, kemarin.

Menurutnya, tahapan Pilkades serentak tahun ini sudah dimulai Mei ini.Sedikitnya ada empat tahap dalam Pilkades tahap III tahun 2019 ini.

“Seluruh tahapan Pilkades sudah diatur dalam Peraturan Bupati Tanjung Jabung Barat Nomor 13 Tahun 2019, tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati Tanjung Jabung Barat Nomor 9 Tahun 2016 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa,”jelasnya. (dul).

SHARE

LEAVE A REPLY