KOTA JAMBI, denyutjambi.com – Untuk mencegah kemacetan dibeberapa titik dalam kawasan Kota Jambi, Wakil Walikota Jambi Dr. Maulana adakan rapat koordinasi Forum Lalu Lintas bersama Dinas Perhubungan Kota Jambi pada Kamis (11/4/2019). Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas tersebut digelar di Kantor Dinas Perhubungan Kota Jambi.

Dalam Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Saleh Ridho menjelaskan, kemacetan yang terjadi bukan dikarenakan dengan jumlah kendaraan yang ada, akan tetapi kemacetan sering terjadi akibat dari pengguna jalan itu sendiri.

“Kemacetan seringkali terjadi bukan karena jumlah kendaraan yang semakin meningkat. Akan tetapi, kemacetan yang terjadi karena kesalahan dari para pengguna jalan itu sendiri yang selalu memarkirkan kendaraan mereka di sembarang tempat. Bahkan terkadang tempat yang sudah jelas-jelas dilarang parkir, masih saja sering terlihat ada kendaraan yang terparkir disana,” sebut Saleh Ridho.

Terkait dengan permasalahan tersebut serta adanya laporan dari sejumlah masyarakat, untuk mengurai kemacetan tersebut, Dinas Perhubungan Kota Jambi dalam waktu dekat ini akan memberlakukan jalur satu arah.

“Memang ada beberapa titik kawasan yang rawan kemacetan di saat jam operasional kendaraan sedang sibuk. Namun, untuk mengurai kemacetan tersebut, dalam waktu dekat ini Dinas Perhubungan Kota Jambi akan kembali memberlakukan jalur satu arah di beberapa titik tertentu,” sebut Saleh Ridho lebih lanjut.

Untuk jalur satu arah yang nantinya akan diterapkan ada dibeberapa titik yakni, jalan didepan Kantor Camat Jelutung dan Jalan Raden Mattaher atau tepatnya jalan yang berada di depan Rumah Sakit Bhayangkara.

“Sebelum nya, titik awal yang akan diberlakukan jalur satu arah yakni Jalan di depan Kantor Camat Jelutung, namun setelah kita lakukan koordinasi bersama OPD terkait, jalan tersebut akan ada pelebaran. Jadi titik jalan yang akan diberlakukan satu arah yakni Jalan Raden Mattaher (Jalan yang terletak di Depan RS Bhayangkara Jambi, red). Dititik ini, apabila jam operasional kendaran sibuk maka akan terjadi kemacetan, terlebih lagi kalau ada di Rumah Dinas Gubernur Jambi,” jelas Saleh Ridho.

Untuk itu, lanjut Saleh Ridho, dalam waktu dekat ini Dinas Perhubungan Kota Jambi akan segera mensosialisasikan untuk penggunaan jalur satu arah. Tidak hanya itu, kita juga berharap upaya kita untuk mengurai kemacetan mendapat respon serta dukungan dari masyarakat.

“Kita harap apa yang kita lakukan mendapat respon yang baik dari masyarakat. Karena tanpa adanya dukungan dari masyarakat, apapun yang akan kita lakukan nantinya akan sia-sia,” jelas Saleh Ridho.

Lebih lanjut dijelaskan Saleh Ridho, untuk jalur satu arah ini nantinya akan diterapkan 24 jam. “Mudah-mudahan kebijakan yang kami tetapkan ini bisa diterima oleh masyarakat, khususnya para pengguna jalan,” pungkas Saleh Ridho.(cbf)

SHARE

LEAVE A REPLY