KUALA TUNGKAL, denyutjambi.com – Mantan ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tanjab Barat, Abdul Halim Gumri, S.Ag yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua II Koni Provinsi Jambi ditahan polisi.

Abdul Halim Gumri ditahan oleh pihak Polres Tanjab Barat ini terkait dugaan korupsi dana hibah di tubuh KONI Tanjab Barat dimasa kepemimpinanya.

Penahanan ini dibenarkan oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP ADG Sinaga, S. IK, melalui Kanit Tipikornya Ipda WS. Jatmiko, SH yang menyebutkan, penahanan terhadap Abdul Halim Gumri telah dilakukan oleh pihaknya sejak 31 agustus 2017 lalu.”Sejak tanggal 31 agustus 2017 Halim Gumri kami tahan. Berikutnya akan dilimpahkan ke Kejaksaan,” ungkap Jatmiko di Mapolres Tanjab Barat, Selasa (5/9).

Penahanan yang dilakukan terhadap Halim Gumri, lanjut Jatmiko, pihaknya mempunyai alasan tersendiri. Dimana pihak penyidik berpendapat untuk mempercepat proses tahap 2 (dua).”Sudah dilakukan penahanan alasannya pihak penyidik berpendapat untuk mempercepat proses tahap 2. Karena dikhawatirkan yang bersangkutan melarikan diri dan menghilangkan Barang Bukti,” bebernya.

Sementara Barang Bukti sudah masuk dalam isi penyidikan baik berupa dokumen dan bukti lainnya. Dan juga pemeriksaan terhadap saksi-saksi juga telah dilakukan oleh pihak tipikor Polres Tanjab Barat.”Untuk sementara hanya halim gumri sendiri yang ditahan selaku ketua koni dan pengguna anggaran, ” katanya.

Atas tindakan yang dilakukan, yang bersangkutan dijerat Pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 pasal 8 junto pasal 18 ayat 1 dan 2 UU RI No 31 tahun 1999, tentang pembetantasan tindak pidana korupsi sebagaimana dirubah UU RI No 20 tahun 2001 tentang perubahan UU RI No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.”Untuk acaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Hal ini secepatnya akan kita limpahkan ke Kejaksaan,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Umum Koni Provinsi Jambi Indra Armendaris mengungkapkan, dirinya mengaku belum mendapat kabar atas penahanan Halim Gumri.”Belum ada kabar, coba nanti saya cari tahu,”jelas Indra.

Namun setelah mendapat kabar adanya penahanan Halim Gumri ini, Indra mengaku akan membicarakan hal tersebut bersama rekan-rekan dan petinggi Koni Provinsi Jambi lainnya, untuk mengambil langkah kedepan selanjutnya.”Besok sayo akan bicarakan dengan kawan- kawan, kalau sudah seperti itu posisinya,”tandasnya. (djc3)

Reporter: Misdi Dancik

SHARE

LEAVE A REPLY