KOTAJAMBI, denyutjambi.com — Gubernur H. Zumi Zola Zulkifli mengungkapkan saat meninjau Tempat Pembuangan Sampah (TPS) meminta segera dibersihkan agar lebih bersih dan rapi, karena sudah terlalu banyak sampah yang menumpuk. Hal ini disampaikannya saat meninjau langsung TPS di Jalan Ade Irma Suryani Nasution, belakang Kantor Gubernur Jambi dan di Jalan TP Sriwijaya Kelurahan Bagan Pete Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Minggu (14/05/17) kemarin.

Dalam peninjauan tersebut, Gubernur Zola yang didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi, Dody Irawan,ST,MT.

“Saya harap pembersihan TPS di belakang Kantor Gubernur dan di Jalan TP Sriwijaya ini bisa selesai hari ini, karena sampah yang ada sekarang sudah sangat menumpuk sekali dan mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga sudah sangat menggangu masyarakat yang melalui jalan ini,” ujar Zola.

Gubernur Zola mengatakan, di kawasan TPS dibelakang Kantor Gubernur Jambi akan segera dibangun bronjong atau gabions karena daerahnya bertebing dan di bawahnya ada Danau Sipin. Bronjong atau gabions adalah kotak yang terbuat dari anyaman kawat baja berlapis seng dan diisi oleh batu batuan untuk mencegah erosi.

“Kita sudah mengajukan kepada Bapak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk pembangunan bronjong atau gabions di daerah ini. Pembangunan bronjong atau gabions akan dikalukan tahun ini setelah dilakukan pembersihan, yang mana pembangunan bronjong atau gabions akan dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera VI sepanjang 3 kilometer,” tutur Zola.

Gubernur Zola menyampaikan, setelah dilakukan pembersihan sampah dan dibangun bronjong atau gabions, masyarakat dihimbau untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, nantinya akan disediakan beberapa kotak sampah untuk menampung sampah di tempat itu.

“Tempat itu nantinya akan kita jadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH), setelah proses pembersihan sampah dan pembangunan bronjong atau gabions selesai dikerjakan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jambi untuk menyediakan beberapa tempat sampah agar masyarakat bisa membuang sampah ditempat yang telah disediakan,” kata Zola.

Saat meninjau TPS yang ada di wilayah Kelurahan Bagan Pete, Zola melihat ada 3 bangunan gubuk kecil yang ditinggali oleh masyarakat yang sehari-harinya bekerja sebagai pemulung.

“Kita tadi melihat ada masyarakat sebagai pemulung tinggal di sini beserta keluarganya dengan kondisi kurang sehat dan sangat tidak layak sekali. Saya akan segera mengirimkan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan ke sini untuk mengecek kesehatan masyarakat yang tinggal di sini dan memberikan bantuan kepada mereka,” pungkas Zola.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Zola memberikan bantuan secara pribadi berupa uang tunai kepada pemulung yang menghuni gubuk di sekitar TPS tersebut. (djc1)

Reporter: Rakhmad Fadhillah

SHARE

LEAVE A REPLY