KERINCI – Gubernur Jambi, Zumi Zola mengancam akan mencabut rekomendasi dan izin galian c jika terbukti melanggar hukum. Namun sejauh ini dirinya mengaku belum mendapat laporan dari pihak kepolisian terkait hasil investigasi yang mereka lakukan.
“Kalau memang polisi menyatakan ada suatu tindak yang menyalahi hukum, kami bisa merekomendasikan untuk dicabut,” ujarnya usai menghadiri rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Kerinci, Rabu (9/11/16).
Ketika ditanya awak media tentang izin galian c yang dikeluarkan oleh Pemprov Jambi, Zumi Zola berkilah. “Kita kan nggak serta-merta cabut donk, kan saya katakan tadi, kita negara hukum. Kan ada police line, berarti polisi sudah terlibat disitu, kami menunggu laporan dari kepolisian,” katanya
Seperti marak diberitakan disejumlah media massa, pertumbuhan galian c ilegal di Kabupaten Kerinci tidak terbendung. Meski diprotes masyarakat, namun jumlah galian c ilegal terus bertambah, bahkan ada yang terang-terangan melakukannya dipinggir jalan nasional padahal hal tersebut tidak dibolehkan.
Zumi Zola meminta pengusaha galian c di Kabupaten Kerinci memperhatikan masyarakat dan lingkungan, agar tidak ada yang menjadi korban.
“Saya mengimbau kepada semua yang galian-galian c ini untuk sama-sama juga, satu diperhatikan masyarakatnya kedua perhatikan lingkungannya, di surat izinnya kan ada tu, bekas galian mesti ditimbun lagi,” katanya. (nat)
SHARE

LEAVE A REPLY