Penderita Hidrosefalus di Kerinci
KERINCI – Nasib malang dialami Ilham (2) warga Desa Koto Tengah, Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci yang terjangkit penyakit Hidrosepolus. Karena tidak punya uang yang cukup, Ilham hanya dirawat dirumah oleh ibu dan ayahnya.
Ibu kandung Ilham (Rini) mengatakan, kondisi Ilham sudah diketahui sejak ia mengandung usia 7 bulan. “Waktu hamil 7 bulan sudah diketahui ada kelainan pada Ilham, begitu lahir kami bawa berobat dan umur 25 hari kami operasi. Setelah itu nggak kami bawa berobat lagi karena nggak punya uang,” ujarnya.
Kini ilham tengah ditangani pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MHAT Kerinci dan akan dirujuk ke RSUP M. Jamil Padang, itu juga sempat terhambat karena kartu BPJS nya sudah mati.
“Kartu BPJS kami nggak berlaku lagi pak, sudah setahun lebih nggak sanggup bayar iurannya,” kata Rini.
Kedatangan Ilham Kerumah sakit hanya ditemeni ayahnya Budi Hartanto dan ibunya serta kakaknya, dengan raut muka sedih, Ilham terlihat sabar merasakan sakit yang ia derita.
Akibat dari penyakit tersebut Ilham mengalami pembengkakan dibagian kepalanya, sehingga membuatnya sulit untuk bergerak.
Peran Pemerintah
Untuk membantu Ilham, dinas kesehatan akhirnya membayar tunggakan iuran BPJS mereka. “Tunggakan mereka bertiga sebanyak 3 juta, setelah kita negosiasikan dengan pihak BPJS kita akhirnya hanya menebus sebanyak 600 ribu saja, untuk BPJS Ilham. Ini kita lakukan agar mereka tidak terhambat di RSUP M.Jamil,” kata Kasi Yankesda Dinas Kesehatan Kerinci, Ariyanto.
Lalu apa yang bisa dilakukan dinas kesehatan selain membayar iuran BPJS mereka yang menunggak?
“Karena BPJS mereka kelas 2, kami nggak bisa bantu biaya perawatan dsb, kita cuma diperbolehkan membantu pasien BPJS kelas 3,” katanya
Solusinya, Ariyanto mengatakan Ilhan dan keluarga akan dihapus dari peserta BPJS umum dan dimasukkan ke Jamkesda. Namun ini adalah solusi jangka panjang, saat ini Rino dan suaminya harus berjuang sendiri mencari biaya perawatan Ilham selama berada di RSUP M. Jamil Padang. (nat)
SOURCELensa Jambi
SHARE

LEAVE A REPLY