Anggota DPD RI Hj Daryati Uteng SE MM saat menyambangi lokasi longoran PETI Merangin
JAMBI- Musibah yang dialami 11 orang penambang di Lokasi Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Merangin Jambi, yang tewas akibat tertimbun longsoran tanah di lobang jarum penambangan emas, menyita perhatian semua pihak.
Tidak terlepas para senator Jambi di Parlemen Pusat, melalui Wakil Jambi di DPD RI Hj. Daryati Uteng SE, MM terjun langsung ke lokasi kejadian longsoran PETI untuk melihat langsung dan bertemu keluarga korban.
Menurut Daryati, walaupu apa yang dilakukan 11 orang yang tewas merupakan pelanggaran karena melakukan penambangan emas tanpa izin, namun dilihat dari sisi ekonomi mereka hanya rakyat biasa yang mencari penghidupan ditengah kondisi yang memang serba susah saat ini.
“Kita tidak bisa langsung menyalahkan mereka, mereka hanya mencari makan, yang salah Pemerintah kenapa tidak mampu mensejahterakan masyarakatnya” ujarnya
Ditengah himpitan ekonomi yang kian suram mulai dari turunnya harga komuditi perkebunan seperti karet dan sawit, membuat sebagian masyarakat beralih mencari pekerjaan yang lebih baik walaupun beresiko besar seperti PETI ini.
Untuk itu Daryati menyarankan agar pemerintah dapat bergerak cepat mencari solusi pemecahan masalah PETI ini yang dibarengi dengan pembenahan sektor ekonomi masyarakat sehingga kejadian seperti saat ini tidak terulang kembali.
“Iya harus cepat diambil tindakan, Pemerintah harus tanggap, jangan hanya diam dong” katanya
Terjunnya anggota senator Jambi ke Kabupaten Merangin tersebut selain meninjau Lokasi longsoran juga dibarengi dengan pemberian sedikit santuan sebesar Rp 30 juta kepada keluarga korban yang ditinggalkan. (rip)
SHARE

LEAVE A REPLY